Home » , » Cara membuat blog untuk pemula

Cara membuat blog untuk pemula

Tentang Panduan Ini

Panduan ini dibuat sebagai pengenalan untuk menguasai dan memahami seni blogging. Saya berusaha untuk memberikan penjelasan sejelas mungkin kepada anda agar lebih mudah untuk difahami dan diikuti mengenai bagaimana cara membuat, mempertahankan, serta mengembangkan blog anda.

Mungkin anda pernah bertanya-tanya bagaimana para blogger terkenal didunia melakukan pekerjaan mereka terlihat sangat mudah? Dan bagaimana cara mereka melakukannya sehingga mereka menjadi blogger yang sukses, suatu saat anda mungkin berharap bisa  sukses seperti mereka? Yang perlu anda ketahui adalah, mereka semua memulainya dari keinginan untuk belajar dan mengetahui hal-hal baru. Mereka mempunyai keinginan dan motivasi yang sangat kuat untuk belajar cara yang tepat untuk menambah pemahaman mereka mengenai blog kemudian mereka mempraktekannya.
Apa yang akan anda pelajari di panduan ini  adalah kerangka dasar yang kami buat sesimple mungkin untuk sebagai referensi belajar anda yang mempunyai keinginan membuat sebuah blog untuk pemula. Panduan ini juga  telah kami rancang sedemikian rupa untuk membantu dan mempermudah anda mempelajarinya langkah demi langkah.

Selamat Datang Blogger Pemula 

Ringkasan: Bagian ini memberikan informasi mengenai latar belakang untuk membantu Anda memahami dasar-dasar atau teknik blogging, seperti bagaimana mencari sumber sebagai bahan referensi, kami juga akan menjelaskan beberapa blog lain sebagai bahan pembanding dan bagaimana cara memilih niche yang baik untuk blog Anda.

Menurut anda apa pengertian dari kata "blog" dan "blogging"? 


Sebuah blog atau yang sering disebut weblog dapat berbentuk banyak hal contoh majalah elekronik, portal berita, buku harian, tempat untuk bertemu sesama blogger, tempat untuk berkreasi menunjukkan seni serta bakat anda,  tempat berbagi informasi, pelajaran dan lain-lain. Sebuah blog unik merupakan gabungan teks, gambar, video, dan link ke halaman dan media yang relevan di web/blog anda. Dan pengunjung yang membaca blog anda dapat meninggalkan komentar serta dapat berkomunikasi dengan Author blog.
Komunikasi dan interaksi dengan pembaca adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari keberhasilan sebuah blog.
Dalam dunia blogging terdapat kata “blog” atau jurnal online, Blogger adalah orang yang mempunyai peran terhadap sebuah blog, dan blogging adalah sebuah kegiatan membuat blog. Anda dapat memilih salah satunya. Salah satu dampak dari blogging adalah terjalinnya komunikasi dan informasi diseluruh dunia. Sebuah blog dapat menulis berita pada saat kejadian berlangsung secara reltime.

Gaya dan jenis blog terkenal

Blog pribadi umumnya berbagi pengalaman, seni, puisi, karya tulis, fotografi,
dan bahkan menjual kerajinan tangan, seni, atau produk. Jika dalam membuat sebuah blog tujuan anda hanya untuk bersenang-senang atau sekedar iseng-iseng, pilihan untuk memilih blog pibadi  sangat cocok untuk kebutuhan anda. Contoh blog pribadi yang baik termasuk Kathryn Cramer &  SideShow.

Blog  untuk bisnis yang dibuat dengan tujuan  untuk pemasaran perusahaan, pengenalan produk perusahaan, serta kegiatan lain yang berlaitan dengan kepentingan perusahaan.



Blog untuk tujuan organisasi, jenis blog seperti ini sangat ideal untuk organisasi kecil yang membutuhkan menyebarkan informasi bagi pelanggan atau anggotanya. 


Blog Niche atau disebut blog dengan  topik yang lebih memfokuskan terhadap sesuatu yang spesifik. Blog ini bisa berisi tentang  kesehatan, berkebun, fashion, olahraga, atau berisi hal-hal khusus lainnya. Jika Anda adalah seorang kolektor barang antik,  atu anda mempunyai kisah perjalanan seorang pecandu nakoba, atau anda hoby memasak, anda dapat membuat blog  untuk hal-hal tersebut. Umumnya blog niche akan dengan mudah menarik pengikut setia yang mempunyai hoby dan hal yang sama, mereka dapat ikut berkontribusi pada komentar blog. Contoh blog niche adalah : blog tentang Rumah, Kesehatan, Makanan, dan yang lainnya.


Kenapa orang menyukai blogging ?

Coba fikirkan kenapa anda ingin memulai blogging dan kenapa orang-orang harus menyimak apa yang anda tulis. Jeff Bullas membuat sebuah pooling dan menanyakan ‘Kenapa anda ingin memulai blogging?”  jawabannya mereka bervariasi, tetapi jawaban yang terbanyak yakni “menginginkan sesuatu hal yang baru” dan “berbagi ilmu serta informasi dengan orang lain”.

Salah satu keuntungan dari blogging

Menjadi pemikir dan penulis yang baik
Ketika anda memulai blogging, anda akan mulai menyadari bahwa ternyata anda berubah menjadi penulis serta pemikir yang baik. Penguasaan konten membutuhkan ide  yang kreatif. Hal itu terjadi ketika fikiran mulai memaksa anda untuk membuat artikel yang bagus untuk konten blog, anda mulai menulis dan berfikir, dan mencari tahu dengan berbagai cara agar anda terus memperbaiki secara berkelanjutan kemampuan anda di bidang ini.

Meyakinkan diri anda sendiri bahwa anda seperti Ahlinya
Blog merupakan alat yang sangat luar biasa untuk membantu orang-orang menentukan dirinya sendiri seperti seorang ahli dalam bidang tertentu. Kita semua mempunyai minat yang serupa dan keahlian untuk dibagikan kepada orang lain. Jika anda dapat membuat sebuah konten yang hebat dalam blog anda atau anda mempunyai isi konten yang unik, percayalah dimasa yang akan datang pembaca anda akan mengakui hal tersebut dan memberikan penghargaan kepada anda.


Tingkatkan kepercayaan diri anda
Setiap hasil karya sama halnya seperti perasaan juice, itulah kenapa blogging begitu populer. Semakin anda menulis dengan detail akan semakin menambah kepercayaan pengikut anda dan yang paling penting akan menambah percaya diri.

 

Memperoleh teman dan bersenang-senang
Dengan latihan, akan mempermudah anda membangun dasar blogging dan pengikut. Andalah ahlinya dibidang tersebut, anda akan memberikan inspirasi, mendorong dan membantu pengikut membuat s ebuah perbedaan dalam kehidupan mereka masing-masing. Seiring dengan perjalanan blogging anda anda juga akan menemukan teman baru dan hubungan lintas negara.

Hasilkan uang dari blog anda

Blogging juga dapat memberikan keuntungan finansial, anda dapet mengikuti periklanan, bergabung dengankomunitas yang di sponsori oleh sebuah produk, atau anda dapat menjual produk digital anda sendiri. Kita akan berbicara tentang monetization pada pembahasan berikutnya. 

Bagaimana untuk mendapatkan niche yang sempurna ?

Latihlah ide anda

Ini  adalah salah satu proses yang harus dilalui dalam menentukan niche anda agar hasilnya maksimal:
  • Buatlah daftar  hobi anda, misalnya: Gadget, golf, memancing, yoga, bermain games, memasak, dll
  • Buatlah daftar prestasi yang membanggakan anda, misalnya: bakat musik, seni bakat, prestasi olahraga, dll.

Periksa niche anda
Periksa 5 kata kunci teratas yang berkaitan dengan niche anda. Carilah minimal 10.000 pencarian pr bulan yang terdiri dari gabungan 5 kata kunci.
Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner (gratis),atau WordTracker (sebagian gratis) untuk memeriksa kata kunci terpopuler.



Potensi Kompetisi

Jika anda memiliki kompetitor berarti ini adalah pertanda yang baik, itu artinya orang lain juga membicarakan niche anda secara aktif dan terus. Yang perlu anda catat adalah blogger yang memiliki niche sejenis dengan blog anda tidak selalu menjadi pesaing anda.

Berikut cara memeriksa kompetisi yang dapat anda lakukan:
Apakah saat ini dapat menemukan blog yang mempunyai niche yang sama dengan anda?
Apakah anda dapat menemukan setidaknya 5 blog populer yang fokus dan sama dengan topik anda?
Jangan kehilangan semangat karena jika anda melihat banyak blog populer mempunyai niche yang sama dengan anda. Jika mereka bisa melakukannya, anda juga pasti bisa!
Sekarang anda buka halaman Facebook dan lakukan pencarian untuk niche yang sama dengan blog anda. Apakah anda menemukan halaman Facebook yang aktif? Tidak semua blog dengan niche yang sama dengan anda menggunakan facebook untuk mempromosikan blog mereka, tapi kebanyakan dari mereka melakukannya. Carilah halaman Facebook dan lihatlah berapa banyak pengikut yang mereka miliki. Jika pasar ini cukup potensial setidaknya akan memiliki follower sebanyak 1000 orang.
Apakah ada account Twitter yang aktif? Carilah referensi untuk niche Anda di Twitter. Periksa akun Twitter orang lain yang mempunyai niche yang sama dengan anda dan lihat berapa banyak
pengikut mereka.
Jika anda masih melihat dari kedua media sosial tersebut masih banyak yang follower yang  membicarakan hal tersebut, berarti pasar dengan niche anda masih sangat besar dan terbuka lebar.

Jika salah satu point tersebut positif, itu pertanda baik untuk niche anda yang berpotensi di Monetisasi

Potensi Monetisasi
Apakah anda memiliki keinginan untuk mendapatkan uang dari blog anda? Banyak orang memulai blogging dari hobi tanpa berfikir  untuk memonetisasi blog mereka. Namun banyak juga yang bertujuan untuk mendapatkan uang tambahan dari blog, bahkan bermimpi untuk mencari penghasilan dari blog.tidak perduli apa kategori blog anda, saya fikir tidak ada salahnya anda untuk mengetahui apakah blog anda dapat membawa anda untuk mendapatkan pendapatan yang anda.  Jika Anda masih menemukan blog lain yang sejenis dengan blog anda, ini berarti niche tersebut masih  aktif dan mungkin dapat di monetisasi. Tentang teknik monetisasi  akan dibahas pada artikel berikutnya

Apa yang diinginkan oleh pembaca dari blog anda ?

Konten apa yang harus anda mulai buat? Anda dapat menulis tentang apa saja, tetapi anda harus benar-benar memahami apa yang pengunjung  anda inginkan . Meskipun mungkin ada blog lain yang sudah menyediakan hal serupa.  Tetapi anda tikdalah sama dengan mereka, jika anda mempunyai perspektif yang unik dalam menulis, kemungkinan besar orang akan tertarik untuk membaca artikel anda. Tidak pernah ada kata cukup untuk mendapatkan informasi bagi pengunjung, mereka akan menginginkan hal yang lebih dari sebelumnya, dan dengan latihan anda akan memberikan apa yang mereka ingingkan.

Pengunjung mencari informasi

Orang-orang yang mengunjungi blog Anda ingin umumnya ingin mempelajari topik tertentu lebih mendalam atau mereka ingin tetap up to date pada suatu topik tertentu. Anda akan selalu dibuat terkejut oleh apa yang mereka cari didunia online. Mungkin seseorang menginginkan  berita yang tidak ada di media mainstream. Anda dapat memberikan informasi tersebut kepada mereka.

Pembaca mencari solusi

Blog dapat memecahkan banyak permasalahan didunia. Masalah tersebut mungkin seperti program diet dan saran kesehatan, atau bagaimana cara membuat makanan yang enak. Internet saat ini telah menjadi perpustakaan terbesar di dunia. Lalu apa yang dapat Anda tambahkan ke internet? Apa yang Anda ketahui mungkin dapat membantu orang lain.

Pembaca mencari hiburan
Banyak orang ingin berkomunikasi, tertawa, dan berbagi pengalaman dengan
orang lain di internet. Blog anda bisa dengan cepat menjadi terkenal jika anda menyajikan humor yang  dikombinasikan dengan subjek yang  anda pilih. Selalu saja ada informasi menyenangkan, jika anda dapat berbagi dengan orang lain maka hal tersebut akan membantu menarik lebih banyak  pengunjung ke blog Anda.

Memilih Platform blog

Pada tahap ini anda harus menentukan blog Platform yang ingin anda gunakan. Kami merekomendasikan untuk setup blog . Tapi sebelum Anda membuat keputusan,
saya akan menjelaskan setiap opsi di bawah ini lebih mendetail, dan kita akan membicarakan tentang
Pro dan kontra tentang Platform tersebut.
Ketika anda akan memulai membuat blog, Anda harus sudah memiliki pilihan Platform berikut ini: Gratis, freemium, dan Hosting sendiri (dianjurkan).

Hal-hal yang penting untuk memahami blogging

Ketika Anda terus memfokuskan waktu dan energi anda ke dalam blog, maka anda akan mulai melihat hasil yang lebih besar atas investasi yang sudah anda lakukan. Hal ini terantung kepada bagaimana anda rencana anda untuk mengelola blog, Anda perlu mempertimbangkan seberapa banyak  waktu yang di butuhkan. Mungkin jika blog Anda seperti  jurnal online,  dan Anda harus  menulis beberapa paragraf artikel dalam seminggu. Ini akan memakan waktu yang banyak untuk membangun sebuah blog dengan trafic yang tinggi. Maka bersabarlah untuk menunggu, dan terus melakukan upaya dengan konsisten

Platform Blog Gratis
Bagi para blogger pemula, platform blog yang disediakan gratis  tentu sangat menggoda. Salah satu keuntungannya adalah gratis dan anda bisa dengan cepat untuk memulai blogging.

Platform blog premium
Ini berarti anda dapat menggunakan masa percobaan sebelum anda mulai membayar, biayanya biasanya bervariasi mulai dari $5 sampai dengan $30 per bulan. Terdapat beberapa penyedia Platform gratis yang paling populer adalah Blogspot.com dengan kemudahaan yang diberikan banyak orang menggunakan platform ini untuk belajar bahkan ada juga profesional yang tetap menggunakan Blogspot  salah satunya blog ini gratisko ini karena banyak para blogger pro  mereka meyakini Kredibilitas tidak hanya dibangun oleh sebuah nama domain.

Salah satu yang paling direkomendasikan mengenai management systems (CMS) yang saya tahu adalah WordPress.org
Sistem yang sama telah digunakan oleh New York Times, BBC America, dan banyak situs populer lainnya di web. WordPress diluncurkan  pertama kali pada tahun 2003. Sejak  saat  itu, ia telah berkembang menjadi salah satu self-host terbesar di dunia. WordPress juga banyak digunakan pada jutaan situs. Blog WordPress dikunjungi oleh puluhan juta orang setiap harinya.
Didalam atikel ini, saya akan menunjukkan kepada anda bagaimana untuk memulai, mengelola,
menyesuaikan, dan cara kerja WordPress CMS. Dengan menggunakan panduan kami, Anda akan dapat membuat blog Anda dengan cepat dan belajar bagaimana mengelolanya dalam waktu yang sangat singkat

Kesimpulan
Apapun pilihan anda, Anda harus mengikuti beberapa aturan sederhana  agar berhasil didunia blogging:
niche Anda dengan baik dan anda harus memastikan sebelum Anda mulai melakukan sesuatu.
Pikirkan apa yang dapat anda buat agar berbeda dari blog orang lain.
Pilihlah Platform blog anda dan mulailah memposting blog anda.
baca juga 7 tips menulis konten yang baik pada artikel berikut .

1 komentar:

Unknown said...

Komunikasi dan interaksi antar admin blog adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari komunitas blogger mas .... salam kenal www.trikpos.com


Powered by Blogger.